Jumat, 26 April 2013

PENGERTIAN PERKEMBANGAN@HMD

Apa sebetulnya yang dimaksudkan dengan perkembangan pribadi tiu?

Pengertian perkembangan menunju pada suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat di ulang kembali. Perkembangan menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali (Wener, 1969)

Ada beberapa ahli yang tidak membedakan antara Perkembangan dan Pertumbuhan; bahkan ada yang lebuh mengutamakan pertumbuah. Hal ini mungkin untuk menunjukkan bahwa orang orang yang berkembang tadi bertambah kemampuannya dalam berbagai hal. Dalam tulisan ini, maka istilah pertumbuhan khusu dimaksudkan untuk menunjukkan bertambah besarnya ukuran badan dan fungsi fisik yang murni.



Perkembangan juga berkaitan dengan belajar khususnya mengenai isi proses perkembangan: apa yang berkembang berkaitan dengan prilaku belajar. Disamping itu juga bagaimana hal sesuatu dipelajari, misalnya apakah memorisasi (menghafalkan) atau mengerti hubungan , ikut menentukkan perkembangan (Knoers, 1985)

Dengan demikian perkembangan dapat diartikan sebagai proses yang kekal yang menuju kearah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebuh tinggi, berdasarkan pertumbuhan, pemasakkan dan belajar. Terjadilah suatu organisasi atau struktur tingkah laku yang lebih tinggi. Pengertian lebih tinggi berarti bahwa tingkah  laku tadi mempunyai lebih banyak diferensiasi, yaitu tingkah laku tersebut tidak hanya lebih luas, melainkan mengandung kemungkinan lebih banyak. Pengertian organisasi atau struktur berarti bahwa diantara tingkah laku tadi ada saling berhubungan yang bersifat khas dan menunjukkan kekhusussan seseorang pada suatu tingkat umur tertentu.

Suatu defenisiyang relevan dikemukakan oleh Monks sebagai berikut :
"Perkembangan psikologis merupakan suatu proses yang dinamis. Dalam proses tersebut sifat individu dan sifat lingkungan menentukan tingkah laku apa yangakan menjadi aktual dan terwujud. Umur kalender disini bukan merupakan suatu variabel yang bebas, melainkan merupakan suatu dimensi waktu untuk mengatur bahan-bahan data yang ada".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar