Sabtu, 27 April 2013

TEORI LINGKUNGAN@hmd

Dalam teori lingkungan (milieu) termasuk teori belajar dan teori sosialisasi yang bersifat sosiologis. Menurut teori ini maka perkembangan adalah bertambahnya potensi untuk bertingkah laku. Berjalan harus dipelajari, bergaul dengan orang lain juga harus dipelajari, begitu juga berpikir logis. Ketiga hal ini tentu membutuhkan cara belajar berlainan. Belajar berjalan adalah cara belajar sensori-motorik, belajar bergaul adalah termasuk belajar social, dan berpikir logis termasuk belajar kognitif. Seseorang yang telah menguasai ketiga hal ini dan tingkah laku lainnya dipandang sebagai orang yang berkembang.

Teori ini beranggapan bahwa sesudah tahun pertama, potensi untuk melakukan tinkah laku nivo yang lebih tinggi tidak tergantung dari perubahan sepontan pada struktur diri organisme, melainkan tergantung dari apa yang kita pelajari dengan tekhnik-tekhnik yang tepat. Jadi bila anak dalam suatua lingkungan tertentu maka anak tadi akan memperlihatkan pola tingkah laku yang khas lingkungannya tadi.

Berbagai teori lingkungan ini kurang memperhatikan akan pengaruh pembawaan yang juga relatif kuat dalam perkembangan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar