Sabtu, 27 April 2013

TEORI-TEORI PERKEMBANGAN@hmd

Marx (1903) membendakan ada tiga macam teori. Ketiga teori yang di maksud ini berhubungsn dengan data empiris dengan demikian dapat dibedakan antara :
  • Teori yang deduktif : memberikan keterangan yang dimulai dari suatu  perkiraan atau pikiran spekulatif tertentu kearah data yang akan ditentukan.
  • Teori yang induktif : cara menerangkan dari data ke teori. Dalam bentuk ekstrim titik pandang yang positivistis ini dijumpai pada kaum behaviorist.
  • Teori yang fungsional : disini nampak suatu interaksi pengaruh antara data dan pikiran teoritis, yaitu data mempengaruhi pembentukan teori dan pembentukan teori kembali mempengaruhi data.
Dalam pembagiaan ini dapat disimpulkan bahwa teori dapat dipandang sebagai berikut :
  1. Teori menunjuk sekelompok hukum yang tersusun secara logis. hukum-hukum ini biasanya mempunyai sifat hubungan yang deduktif. Suatu hukum menunjukan suatu hubungan antara variabel-variabel emperis yang bersipat ajeg dan dapat diramal sebelumnya.
  2. Suatu teori juga dapat merupakan suatu rangkuman tertulis mengenai suatu kelompok hukum yang diperoleh secara empiris dalam suatu bidang tertentu. Di sini orangmemulai dari data yang diperoleh dan dari data yang diperoleh itu datang padasuatu konsep yang teoritis.
  3. Suatu teori juga dapat menunjuk pada suatu cara menerangkan yang menggeneralisasi. Disini biasanya terdapat hubungan yang funsional antara data dan teoritis.
Kesimpulan suatu teori adalah suatu konsepsualisasi yang umum. Konsepsualisasi atau sistem pengertian ini diperoleh melalui jalan yang sistematis. Suatu teori harus dapat  diuji kebenarannya, bila tidak dia bukan suatu teori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar